Apa itu algoritma???? 

Menurut Donald E. Knuth, algoritma dalam pengertian modern mempunyai kemiripan dengan istilah resep, proses, metode, teknik, prosedur. Algoritma adalah sekumpulan aturan-aturan berhingga yang  memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus. Menurut Rinaldi  Munir, algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. 
Algoritma yang baik dan benar menurut Donald E. Knuth harus memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut:
  1. Program yang dibuat harus mempunyai batas.
  2. Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat atau pasti sehingga tidak memiliki arti ganda (ambigu).
  3. Memiliki masukan (input).
  4. Memiliki keluaran (output).
  5. Algoritma harus efektif.
Dari penjelasan diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa:
  • Algoritma adalah kumpulan langkah, artinya algoritma merupakan proses di dalam penyelesaian masalah.
  • Langkah-langkah dalam algoritma berhingga banyaknya, artinya langkah-langkah tersebut memiliki akhir. Algoritma tanpa akhir, bukanlah termasuk algoritma karena tidak memberikan solusi apapun.
  • Digunakan untuk menyelesaikan masalah matematika dan logika, artinya tidak semua masalah dapat diselesaikan dalam algoritma pemrograman. Algoritma ini hanya bisa digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah jika masalah tersebut dapat diterjemahkan ke dalam bahasa logika dan matematika, karena pemrograman komputer pada dasarnya adalah persoalan logika dan matematika.
  • Algoritma adalah cara manusia untuk merangkai instruksi yang akan diberikan kepada komputer.
Itu sebabnya  semua orang yang belajar pemrograman komputer sangat dianjurkan memahami dulu algoritma. Dengan memahami sebuah algoritma pemrograman kita dapat lebih mudah mencari sebuah penyelesaian dari masalah yang ada dalam sebuah program.

Contoh sederhana mengenai algoritma yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari–hari misalnya:

Membuat kopi panas
Bahan:
-1 sachet kopi
-1 gelas minum
-Sendok
-Gula
-Air panas
proses:
Robek kopi sachetnya, tuangkan kedalam gelas air minum, kemudian tuangkan 2 sendok gula, masukkan air panas, aduk merata dan kopi panas anda pun telah siap dinikmati.

Penulisan algoritma ada 2 bentuk, yaitu:


Flowchart

merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutannya dengan menghubungkan masing masing langkah tersebut menggunakan tanda panah. Diagram ini bisa memberi solusi selangkah demi selangkah untuk penyelesaian masalah yang ada di dalam proses atau algoritma tersebut

Pseudocode
Pseudocode adalah deskripsi dari algoritma pemrograman computer yang menggunakan struktur sederhana dari beberapa bahasa pemograman tetapi bahasa tersebut hanya ditujukan agar dapat dibaca manusia. Biasanya yang ditulis dari pseudocode adalah variabel dan fungsi. Tujuan penggunaan utama dari pseudocod e adalah untuk memudahkan manusia dalam memahami prinsip-prinsip dari suatu algoritma.